Metro, Jakarta - Perusahaan Daerah Pasar Jaya akan membangun kembali pasar Blok A Fatmawati di Jalan RS Fatmawati Raya, Kelurahan Pulo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Pasar tersebut akan terintegrasi dengan hotel dan mass rapid transit (MRT) Jakarta.

"Pengembangan kawasan pasar terintegrasi merupakan hal yang sangat penting mengingat pesatnya pertumbuhan pusat belanja dan kawasan Kebayoran Baru sendiri juga dikenal sebagai pusat niaga,” kata Direktur Utama PD Pasar Jaya Arief  Nasrudin di acara groundbreaking pasar Blok A Fatmawati, di Jakarta Selatan, Rabu, 21 Juni 2017.

Baca juga: 2016, Kementerian Perdagangan Revitalisasi 878 Pasar 

Arief mengatakan, pasar dan hotel tersebut akan dibangun setinggi 21 lantai plus 1 semi basement dengan bangunan total seluas 27.900 meter persegi. Untuk kawasan usaha, Arief menyebutkan, pasar dan pertokoan menempati lahan seluas 18.700 meter persegi. Rinciannya, untuk pasar di lantai semi basement hingga lantai 4 dan pertokoan di lantai 8-13 dengan total kios sebanyak 2.140 unit.

Sedangkan untuk hotel akan dibangun seluas 9.200 meter persegi. Bangunan tersebut akan menempati lantai 14 sampai 21. Hotel tersebut memiliki kapasitas 316 kamar tipe standar. Sedangkan untuk mendukung parkir, lantai 5 dan 7 menjadi tempat parkir yang dapat menampung 171 kendaraan roda empat.

Baca juga: Buka Pasar Pesanggrahan, Ahok: Belum Jadi Pasar Modern 

Menurut Arief, pembangunan pasar dan hotel tersebut akan memakan waktu dua tahun. Rencananya, pihaknya akan terus melakukan pembenahan pasar yang terintegrasi. "Sehingga bisa bersaing dengan pasar modern dan ditambah beragam fasilitas,” katanya.

FRISKI RIANA